. : : Klik tombol HIDE jika ingin baca tulisan background : : . . : : Klik tombol HIDE jika ingin baca tulisan background : : . . : : Klik tombol HIDE jika ingin baca tulisan background : : . . : : Klik tombol HIDE jika ingin baca tulisan background : : .

Selamat Datang Sahabat PeduliKu . . . Berbagi ILMU Itu Membuka CAKRAWALA . . . Amalan Yang Tak Pernah Putus-Putus Pahalanya Adalah ILMU YANG BERMANFAAT . . . Semakin Banyak Kita Berbagi ILMU Maka Semakin Banyak Pula ILMU YANG AKAN KITA DAPAT . . . So, Mari Berbagi Walau Sedikit . . . :)

Assalamu'alaikum wr.wb.

Blog ini aku persembahkan buat Sahabat semua,

Semoga konten yg ada dapat membantu dan bermanfaat.

Amin ya Rabb . . .

Salam hangat dariku slalu . . .

SAHABAT PELANGI DUA LIMA

Sunday 27 January 2013

Masalah-Masalah di Gammu dan cara Mengatasinya

Berikut masalah-masalah yang mungkin sering kita hadapi pada saat membangaun aplikasi SMS Gateway :

1. Pesan “Missing msvcr71.dll”
Pesan ini muncul dalam bentuk pop up window. Pesan ini seringkali muncul ketika cek koneksi Gammu dengan modem atau ketika mengetikkan command: gammu identify. Apa penyebab munculnya error tersebut? Penyebabnya adalah tidak adanya file library msvcr71.dll pada windows anda, atau bisa juga file tersebut corrupt atau diserang virus. Penyebab hilang atau corruptnya file tersebut bisa jadi karena virus atau terhapus secara tidak sengaja.


Solusinya :
Solusinya adalah menaruh kembali file msvcr71.dll ke dalam direktori C:/WINDOWS/SYSTEM32 (Jika Anda menggunakan Windows XP atau 7 32 bit), atau C:/WINDOWS/SYSWOW64 jika Anda menggunakan Win 7 64 bit. Anda bisa mendownload file msvcr71.dll tersebut di http://www.4shared.com/file/W94ZJ9vr/msvcr71.html.



2. Pesan “Error installing gammu service”
Pesan error ini muncul pada waktu proses pembuatan atau instalasi service gammunya, atau setelah mengetikkan command: gammu-smsd -c smsdrc -i. Penyebab dari error tersebut adalah pengaruh dari sistem keamanan Windows yang tidak mengijinkan untuk membuat service. Biasanya hal ini terjadi di Windows 7.


Solusinya :
Solusinya adalah, sebelum menginstall service pastikan Anda sudah menurunkan level UAC (User Account Control) sampai ke level paling bawah. Di manakah pengaturan UAC nya? Untuk mengubah level UAC, silakan masuk ke control panel windows, kemudian pada kotak pencarian ketikkan saja: uac. Kemudian klik pada bagian ‘Change User Account Control Setting’. Setelah itu drag saja panel levelnya sampai pada level paling bawah (never notify). Kemudian restart PC atau Laptop anda. Selanjutnya ulangi lagi proses pembuatan servicenya.


3. Pesan “The drive cannot find the sector requested.”
Pesan di atas muncul ketika akan menjalankan service gammu yang telah dibuat. Apa penyebab dari error tersebut? berikut beberapa kemungkinan penyebabnya :

  • Ada beberapa struktur tabel database Gammu yang tidak lengkap (belum dibuat), atau ada tabel database yang corrupt atau rusak. Solusi dari penyebab ini adalah melakukan repair tabel dari yang corrupt tersebut (bisa melalui phpMyAdmin), atau jika ternyata ada tabel dari database Gammu yang belum diinstall, maka segera buat tabel yang kurang tersebut.
  • Adanya ketidaksesuaian nama database yang disetting di file SMSDRC nya dengan nama database MySQL atau database lain yang sudah dibuat. Solusinya pastikan nama database di file SMSDRC sama dengan database yang sudah Anda buat tempat Anda membuat tabel-tabel Gammu nya. Jika ternyata memang nama database yang di SMSDRC salah, maka hapus terlebih dahulu service Gammu yang sudah dibuat, kemudian buat lagi servicenya.
  • Username dan password koneksi ke database Gammu yang sudah disetting di file SMSDRC tidak sesuai atau salah. Solusinya pastikan username dan password koneksi ke database Gammunya benar. Jika ternyata username dan password di SMSDRC ini salah, maka hapus dahulu service gammu nya dan lakukan instalasi service ulang.
  • Struktur tabel database Gammu yang sudah dibuat berasal dari versi Gammu yang berbeda dengan Gammu yang sedang digunakan. Sebagai contoh misalkan Anda menggunakan Gammu versi X, tapi struktur tabel databasenya mengambil dari Gammu versi Y. Solusinya, pastikan struktur tabel database Gammu yang akan Anda buat berasal dari versi Gammu yang Anda gunakan.
 
Demikian beberapa masalah dan solusi mengatasinya, semoga bermanfaat buat kita semua, amin....

Sumber : http://planetsphp.blogspot.com/2012/12/tips-php-sms-gateway-php-mysql-masalah.html

No comments:

Post a Comment